Sekilas Foto : Pemanas Air Surya Puskesmas Grabag I

Seperti biasa, setiap kali berkeliling puskesmas saya sering menemukan hal yang unik, menarik, menggelitik… Baik hal yang positif, negatif, abu-abu, sampai hal yang bisa membuat saya tidak bisa berkomentar banyak.

Dalam perjalanan saya ke Puskesmas Grabag 1, Kabupaten Magelang, saya menemukan satu pemanfaatan sumber energi yang saya yakin bisa sangat berguna untuk puskesmas.

Puskesmas Grabag 1 terletak di kaki Gunung Merbabu sebelah utara, di sebelah timur dipagari Gunung Telomoyo,  berhawa cukup sejuk dengan air yang sangat berlimpah. Merupakan puskesmas generasi lama (ibu saya sering cerita kalau beberapa teman sekolah bidan dulu praktek kebidanan di puskesmas ini), Puskesmas Grabag I termasuk salah satu puskesmas dengan kunjungan yang cukup tinggi. Kepala Puskesmas saat ini adalah dr. Syukri.

Yang menarik, di halaman tengah puskesmas, terdapat satu instalasi pemanas air tenaga surya, yang telah lama terpasang, dan sampai hari ini masih bisa berfungsi dengan baik. Pengembangan teknologi tepat guna murah meriah bermanfaat ini dilakukan oleh Bappeda Jateng, Departeman Kesehatan dan Universitas Diponegoro (tahunnya saya gak tau hehe…).

Pemanas Air Surya tampak depan

Pemanas Air Surya tampak depan

Pemanas Air Surya

Pemanas Air Surya dari samping

Air hasil pemanasan, menurut Pak Gun, staf Simpus lama di sana, bisa mencapai 40 derajat Celcius. Lumayan segar untuk mandi sore pasien rawat inap. Dan sepertinya teknologi ini dapat dengan mudah ditiru oleh puskesmas lain yang juga butuh air hangat untuk kebutuhan sehari-hari.

40 derajat... mantap toh...

40 derajat... mantap toh...

Saya pun pingin niru kok…

15 Tanggapan

  1. Pemanas airnya sampe brapa lama Mas?!?
    Klo ditempat saya juga banyak pakai Tandon yg 3000 liter…
    Klo siang pasti airnya panas, apalagi klo panas terik…
    Kan tandonnya di jemur, jadi air didalam ikut panas… :)

    • saya gak tau mas, sampai sore sepertinya masih anget. Saya di rumah pasang tandon 500 liter air, ketinggian 5 meter, kepanasan seharian airnya gak mau anget hehe… mungkin bentuk tandonnya terlalu langsing.

  2. Harga sel suryanya berapa ya Mas?

    • gak pake sel surya, cuma pipa2 memanjang saja.. intinya memperluas area tangkapan panas matahari, kalau dah panas air muter diganti yg lebih dingin dari tong bawah itu..

  3. Woalah, tak kiro to nganggo sel surya :)

  4. http://www.youtube.com/watch?v=LVQ2wzGOVt8 …. ini ada link buat referensi rekan2 netter yg ingin bereksperimen membuat water heater engine dengan solar cell. bisa buat inspirasi.

  5. ass….wr.wb
    mas jojok sy petugas simpus pkm pagatan kab.tanah bumbu, simpus kmi mengalami kendalan ga bisa ngentri data lagi disutu tertulis No Index.

    • Bisa jadi tabelnya rusak pak.. coba di repair saja. detail lengakap saya kirim lewat email.. kalau ndak coba di restore dari hasil back up terakhir… mungkin kehilangan bbrp data.

      itu bisa terjadi karena lampu mati, atau kena virus..

  6. Mas Raharjo kalau mau tau desain pemanas air itu dimana bisa saya dapatkan ya mas….saya pingin memanfaatkan untuk rumah saya, karena saya kira bisa menghemat biaya dari pada harus ngunakan kompor gas tiap hari, tak tunggu informasinya, maturnuwun….

    • kebetulan saya masih nyari2 desain dari pemanas air itu, dulu sempat saya foto lebih detail tp ketlisut… mas Eko dimana ? coba kontak puskesmas Grabag kalau dekat.. besok kalau saya mampir saya usahakan bisa dapat gambar desainnya..
      atau bisa kontak Universitas Diponegoro, mungkin fakultas teknik ya…

  7. sebagai orang grabag g seru kalo g meninggalkan komentar.
    grabag kan dingin, kadang seharian matahari g muncul, adanya dingin aja…

    nah kalo pipanya kena dingin gimana tuh… bukan jadi aer anget. malah jadi pengganti dispenser pendingin dong. hehehe

    • sugeng rawuh pak rafiq di blog saya… :)
      komentarnya seru kok.. hehe.. tapi namanya juga pemanas air tenaga panas matahari ya wajar kalau gak panas pas gak ada sinar matahari. Kebetulan pas saya kesana dulu airnya anget hehe…
      kalau dingin ?? ya berarti belum beruntung hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: