Pelatihan di Riau

hari pertama pelatihan..

peserta nya adalah beberapa staf dinkes propinsi Riau. tadi bu Dewi banyak memberi materi menarik soal surveylance, sistem pws, sistem pelaporan, bla bla bla.. banyak hal-hal di luar teknis yang juga baru penulis temui ilmu nya. intinya gimana suatu proses surveylance bisa bermanfaat, bisa memberikan output yang berguna untuk dinas kesehatan dan semua yang terkait di dalamnya.

capek juga denger para peserta cerita dan komentar soal data. di tingkat provinsi, data kayak gitu. jauh dari harapan..semua bermula dari kondisi di semua sisi penunjang sistem surveylance. tapi lumayan juga bisa nitip demo simpus..paling gak juga bisa membuka wawasan, bahwa masalah data memang benar-benar harus dibenahi dari sumber yang paling mendasar, puskesmas. baik dari semua sisi, hardware, software, apalagi brainware. dan masalahnya bukan mampu gak mampu, tapi mau apa gak mau ..

mungkin mimpi yang naif kalau penulis mimpi bisa keliling ke semua puskesmas, bisa masang simpus di semua puskesmas, bisa melatih semua make software simpus, bisa membangun kepedulian sama data, bisa ngajak mereka mengurangi kreatifitas dalam pelaporan, bisa ngajak mereka lebih perhatian sama data.. tapi paling gak satu langkah awal seperti pelatihan hari ini bisa jadi jalan untuk menuju ke mimpi jadi nyata..

semoga..

Pekanbaru 1009 ’08

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: