Mampir di Puskesmas Gombong II

Kamis, 30 Oktober 08, pulang dari presentasi untuk beberapa staf dinkes Purwokerto, Jawa Tengah, saya mampir ke salah satu pengguna Simpus, Puskesmas Gombong II, Kabupaten Kebumen. Beruntung ada undangan mendadak ke Purwokerto sehingga pas perjalanan pulang bisa sekalian menengok Simpus di puskesmas. Seminggu sebelum perjalanan ini saya memang sempat kontak pengelola Simpus di Gombong II untuk menanyakan ada tidak nya masalah di Simpus. Di Kebumen sendiri baru ada dua puskesmas yang menggunakan Simpus. Satu lagi adalah Puskesmas Petanahan, yang sayang sekali tidak sempat saya datangi, mudah-mudahan saja di kesempatan lain bisa menengok kesana.

Karena berangkat dari Purwokerto sudah siang, saya ditemani Uun, ponakan (yang juga sekaligus merangkap jadi body guard, maklum guedeee hehe…) yang jadi driver sampai puskesmas sekitar jam 3 sore. Beruntung Bu Eny (pengelola Simpus) tinggal di rumah dinas disamping puskesmas. Keterlambatan itu sendiri salah satunya karena harus mengganti bumper mobil yang copot gara-gara nabrak jago yang sedang berburu laron di jalan pagi hari nya…

Uun, di depan Puskesmas.. dah tutup maklum jam 3 sore.

Uun, di depan Puskesmas.. dah tutup maklum jam 3 sore.

Puskesmas Gombong II terletak di Desa Semondo, agak masuk dari jalan menuju Pantai Karangbolong, Gombong. terletak di sebelah pinggir barat kota Gombong. Puskesmas ini sudah menjalankan Simpus selama beberapa tahun, dah uniknya, pelatihan oleh Mas Agus yang di ikuti dulu hanya beberapa jam di Lab Komputer IKM. Beberapa kali saya datang ke puskesmas ini untuk upgrade maupun sekedar mampir. Biasanya untuk ke Gombong sendiri paling tidak butuh 3 jam perjalanan dari rumah.

Operasional Simpus termasuk yang paling sederhana, hanya menggunakan satu komputer utama. Beberapa kali saya menawarkan untuk mulai menggunakan Simpustu di loket, tetapi oleh Mbak Eny (saya lebih sering memanggil mbak🙂 ) dibilang belum waktunya. Masih belum siap SDM nya kata beliau. Sementara saat ini sedang disiapkan Simpus oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen berupa Simpus yang online, multiuser. Dan saat saya lihat memang sudah ada server untuk koneksi ke dinas kesehatan, serta tower untuk antena WAN. Mungkin implementasi Simpus (nya Jojok) sudah bersiap-siap menghilang di sini kalau sistem ini sudah berjalan hehe…

bersama mbak Eny..pengelola Simpus Gombong II, pintunya sudah berteralis..

bersama mbak Eny..pengelola Simpus Gombong II, pintunya sudah berteralis..

Seperti biasa, saya langsung menuju ruang komputer untuk mengecek Simpus dan melakukan upgrade Software. Sengaja saya suruh Uun untuk mengecek data-data yang ada. Data lumayan bersih, dan belum ada keterlambatan, kecuali ada satu waktu beberapa hari data sempat ilang ketika hard disk nya jebol beberapa bulan yang lalu.
Selesai mengupgrade, saya ngobrol-ngobrol banyak dengan mbak Eny. Beliau kemudian menunjukkan satu ruangan khusus untuk mengelola dan menampilkan data-data puskesmas. Dan saya cukup senang ketika melihat beberapa tampilan grafik dan peta Simpus ikut dipajang di papan data. Banyak hal yang disampaikan untuk pengembangan Simpus, dan beberapa modul baru juga saya sampaikan untuk pertimbangan apakah puskesmas sudah siap implementasi atau belum. hanya saja mengingat sudah bakal ada Simpus baru, mungkin implementasi modul ini tidak terlaksana. Tidak mungkin rasanya ada dua simpus berjalan bersama..

Salah satu papan data di Gombong II, pake bahasa Inggris hehe...

Salah satu papan data di Gombong II, pake bahasa Inggris hehe...

Akhirnya setelah sekitar satu jam di puskesmas, kami pun pamit pulang, perjalanan masih lumayan panjang. Dan sangat terpaksa (hehe…) saya bawa beberapa bungkus Lanting yang sudah disiapkan mbak Eny untuk oleh-oleh di rumah…

matur nuwun Mbak … ditunggu pelatihan Simpus KIA nya🙂

8 Tanggapan

  1. “…..serta tower untuk antena WAN. Mungkin implementasi Simpus (nya Jojok) sudah bersiap-siap menghilang di sini kalau sistem ini sudah berjalan hehe…” >>> … wah yang seperti ini mestinya nggak terjadi mas, bikin yg sesuai perkembangan dooong… nek simpus sampeyan ilang, gak dipake trus arep kepie??? JJANGAN MENYERAH JOK… KAMU PASTI BISA!

  2. he he.. matur nuwun mbak kagem donganipun🙂
    implementasi Simpus kan tergantung puskesmas dan dinas, kalau menghendaki ganti sistem ya bergantilah sistem.
    tapi benar kok mbah anda. Memang kita harus membuat sesuai perkembangan. Sudah kita mulai untuk membuat Simpus yang lebih ‘canggih’ dan ‘mahal’ hehe …

  3. Mas Jojok kapan mampir ke Puskesmas Mojoagung. Nanti kita tunjukin simpus kita (yang sampai hari ini baru jalan di loket sama Bp dan KIA aja, yang lain masih belum ada waktu ngisi…:D).
    Kapan kapan mampir ya…biar tahu perkembangan kita lewat darat (gak cuma lihat di blog aja)

  4. wah siap komandan !! dengan senang hati saya akan menghadap…🙂

    saya mampir besok kalau pas ke nengok Kota Mojokerto atau ke Pasuruan.. Simpus Jombang yang ngembangin teman dari Surabaya ya ? salam buat pak Bambang dan pak Aziqin di Dinkes.. ini baru mengumpulkan perbekalan dan gizi yang cukup untuk tour d’ Jatim hehe…
    Puskesmas lain di Jombang gimana pak perkembangannya ? Pak Heri harus jadi motivator nih buat yang lain..

  5. “bersama mbak Eny..pengelola Simpus Gombong II, pintunya sudah berteralis..”

    halah.. pintunya apa pintunya kuwiii.. ^_^

  6. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP Nomor Urut 5 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Waalaikum salam wr. wb. …
    Saya dukung pak, tapi maaf saya tidak bisa memilih bapak, kebetulan saya di Klaten🙂
    Semoga mendapatkan hasil yang terbaik buat rakyat Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga dan sekitarnya..
    Selamat berjuang untuk Pak Jamil…

    nb. Kalau terpilih jangan lupa beli Simpus saya ya pak…bisa bermanfaat bagi puskesmas..

  7. wah simpusnya ok banget om.kapan ya puskesmas kab pati menerapkan simpus online.salam dari wong pati

    • terimakasih mas denraya🙂
      di Kabupaten Pati kebetulan baru Puskesmas Gabus I yang menerapkan SImpus, karena keterbatasan anggaran belum pakai yang online… masih memakai SImpus single user…

      mudah2an saja bisa secepatnya online untuk Pati..

Tinggalkan Balasan

