Upgrade Simpus

Gara-gara (atau berkat ya ?) merger Puskesmas di Sukoharjo, membuat Simpus mau tidak mau harus ditambah satu fungsi lagi, yaitu fungsi penggantian kode dasar. Sebenarnya prosesnya sangat mudah, bahkan dengan membuka data dasar, kemudian langsung mengganti kode dengan kode yang baru, kode yang baru akan langsung tersimpan. Hal yang sepertinya sederhana akan menjadi merepotkan, apabila data yang ada di tabel ‘slave’ yaitu tabel kunjungan, diagnosis, resep dan biaya sudah berisi data-data kunjungan pasien. Perubahan data dasar dapat membuat informasi yang ada di tabel slave menjadi berubah, karena data itu mengacu pada informasi dari isi tabel yang lama. Pada aplikasi database, beberapa database/database server termasuk Paradox yang saya gunakan untuk Simpus, sudah menyediakan fungsi otomatis. Fungsi atau prosedur atau fasilitas (maaf saya lupa, dah lama gak kuliah hehe…) kalau tidak salah disebut Constraint Integrity (ini di Visual DBase), bisa juga Referential Integrity. Mungkin salah mohon dibetulkan. Prosesnya gini, kalau misalnya data dasar kode petugas 01 dirubah menjadi 99, maka semua data petugas di tabel slave yang berisi data 01 akan diubah juga menjadi 99. Nah Simpus yang saya kembangkan dulu belum mempunyai atau memaksimalkan fungsi seperti itu (sudah lama pingin mbikin tapi belum sempat mrogram hehe…untung ada merger). Beberapa hal yang menjadi konsekwensi nya adalah :

  • Apabila Simpus sudah berisi data dasar, data dasar tidak boleh dirubah.
  • Apabila Data dasar sudah tidak dibutuhkan, maka data dasar tidak boleh dihapus. misalnya ada dokter PTT mendapat kode 05. Apabila dokter pindah, kode itu tidak dapat dipakai oleh orang lain.

Dengan update Simpus ini, masalah di atas dapat di atasi, tentunya belum semua pengkodean dasar dimungkinkan untuk berubah. Kode-kode yang sudah bisa dirubah antara lain :

  • Kode Petugas
  • Kode Obat
  • Kode Wilayah Kerja, baik Desa maupun Dusun/RW
  • Kode Lokasi Pemeriksaan
  • No Index Pasien.

Cara Penggantian kode sangat mudah, dengan menekan tombol Ganti Kode, kemudian mengisi kode yang baru, tekan Rubah Kode, maka semua akan langsung dirubah. Tinggal sosialisasikan penggantian kode ini kepada semua petugas Puskesmas.

Contoh mengganti kode wilayah

Contoh mengganti kode wilayah

Form Penggantian Kode

Form Penggantian Kode

Seperti biasa, silahkan untuk pengguna Simpus masuk ke mail upgradesimpus@yahoo.com, untuk kemudian mencari dan mendownload upgrade yang ada. Sudah tersedia Upgrade Simpus 9 kelompok umur dan 12 kelompok umur. Passwordnya, hubungi penulis hehe..

Selesai…

8 Tanggapan

  1. mas jo,
    kemarin saya dengan mas sastro sudah mencoba untuk berkeliling di beberapa puskesmas di sukoharjo, kecuali daerah selatan. memang ada beberapa masalah yang kemarin kita inventaris diantaranya :
    1. ada yang nama KK tidak pernah terekam sehingga nomor indeks pasien jadi banyak sekali, satu orang pasien ada yang punya beberapa nomor indeks, sedang di puskesmas II-nya datanya terekam sangat bagus
    2. ada yang nulis no indeks cuma 4 digit sedang di puskesmas I komplit 8 digit
    3. ada upload datanya 2 kali sehingga rekap datanya jadi 200-300 % bulan sebelumnya
    4. ada petugas medis dan paramedis yang belum ‘ngeh’ dengan kode-2 diagnosa, kode obat, sehingga mengisi form rekam data lebih banyak kosongan
    5. ada petugas yang sudah bersemangat untuk menggabung data pusk 1 dan 2 sedang kita yang di dinas baru memikirkan gimana caranya mengurangi kerepotan-2 merger
    6. ada juga yang pingin, data simpus lebih komprehensif, tidak hanya mencakup pelayanan aja
    7. kalo ini masalah klasik mas, data 2008 belum lengkap eh sudah pingin gabung data 2 puskesmas, dan beberapa masalah non teknis lain

    jadi kesimpulan kami begini mas, alangkah indahnya ketika semua petugas simpus dan mas jojo bisa bersanding untuk diskusi bareng bagaimana baiknya simpus ini.
    kami tunggu kehadirannya mas
    thanks

  2. hehe… lha itu yg dari dulu saya tunggu.. saya selalu nunggu rapat dengan pengelola simpus tapi jarang di undang🙂
    bsk kamis kita koordinasi langkah berikutnya..

  3. Ribet banget mergernya ya. Tp bgus lho semua pada semangat 45 menjalankn simpus. Kalo tentang petugas yg gak ngèh, ndak cuma situ aja. Yg lebih oon mlh lebih banyak.

    Modal semangat memang modal awal yang paling dibutuhkan. Masalah petugas, ya sama-sama kita benahi bu. Petugas o-on ? mohon dimaklumi…🙂 tugas bu miranti yang mengajari..

  4. dari dulu aku intip kan emang databasemu nyentrik mas. flat gitu di tabel kunjungan. apa udah berubah sekarang? hihihi

  5. belum …🙂 emang kadang nyentrik itu dibutuhkan daripada text book tapi gak bisa atau susah jalan hehe…

  6. inikah yang namanya RIBET ? heheee
    tak ada masalah… maju terus Mas Jojok

    bukan ribet kok pak, tapi memang proses yang harus dilewati biar lebih baik lagi..🙂

  7. kang jojok kalo pusk di westprog yg masih pake simpus bisa upgrade nda??

    • oh boleh sekali mas, silahkan saja. Semalam Lendah juga telpon untuk upgrade. Malah kalau Mas Yudhi mau membantu keliling untuk upgrade, saya sanget berterima kasih hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: