Di akhir merger Sukoharjo

Tahap akhir proses merger akhirnya mendekat. Proses yang diperkirakan rumit dan sulit, ternyata… memang sedikit rumit dan sedikit sulit hehe. Beberapa catatan dan masukkan untuk Simpus alhamdulillah bisa didapatkan dari proses yang dilaksanakan langsung di puskesmas-puskesmas. Banyak kendala yang di prediksikan ternyata benar-benar muncul, selain dari kesalahan programmernya (hehe…maklum kadang kurang teliti, dikit…). Kendala itu justru menjadi ide untuk penambahan-penambahan menu dan fungsi baru di Simpus… (sekali-sekali agak alim dikitlah, mumpung ngetiknya malam Jumat… benar juga ajaran agama, di setiap kesulitan, pasti ada kemudahan, terus ada hikmahnya juga).

Hikmah lain, ditemukan jalur mulus baru ke arah Sukoharjo, melewati Juwiring… dulu, jalannya aspal tapi bikin tubuh terguncang, sekarang bisa wussssssssssss… lumayan juga, bisa hemat 10 km kalau ke kota Sukoharo daripada lewat Solo Baru.

Dalam perjalanan...ketemu calon kuliner favorit...

Dalam salah satu perjalanan menjelang masuk di Kabupaten Sukoharjo... ketemu calon kuliner favorit...

Di Sukoharjo, terdapat 21 puskesmas, dimana sebagian diantaranya harus di merger, yaitu :
– Puskesmas Sukoharjo I & II
– Puskesmas Tawangsari I & II
– Puskesmas Baki I & II
– Puskesmas Gatak I & II
– Puskesmas Grogol I & II
– Puskesmas Kartosuro I & II
– Puskesmas Mojolaban I & II
– Puskesmas Polokarto I & II
– Puskesmas Nguter I & II

Puskesmas yang ‘beruntung’ tidak mengalami proses merger :
– Puskesmas Weru
– Puskesmas Bendosari
– Puskesmas Bulu
(ada yang kelewat gak ya ??)

Proses yang sudah dimulai sejak pertemuan tanggal 4 Maret 2009, ternyata sangat terbantu oleh kesiapan operator-operator Simpus di puskesmas. Hampir semua proses berjalan lancar, dan kerjasama antar operator Simpus cukup untuk diapresiasi. Dinas kesehatan sendiri sangat konsen dengan jalannya proses ini. Hampir setiap ada proses di puskesmas, ada staf yang menemani, bahkan sering pak Benny sendiri menemani langsung  (ada enaknya sih, di akhir acara biasanya gizi team Simpus sedikit terjamin hehe…).

Mengawali merger di Baki I

Mengawali merger di Baki I

Beberapa catatan singkat permasalahan yang ditemui, bisa jadi gambaran siapa tahu ada daerah lain akan melakukan merger juga.

  1. Masalah kodefikasi : bisa diatasi dengan duduk bareng dua puskesmas,kemudian dilakukan proses penggantian kode dengan hati-hati. Sempat terjadi kesalahan di awal merger, dimana kode desa yang ada di tabel pasien belum ikut diganti. Hal yang membuat saya dan teman-teman kembali berkeliling ke puskesmas untuk mengulang merger. Secara umum, penambahan fungsi penggantian kode membuat hal ini bukan masalah yang besar.
  2. Masalah operasional lapangan : seperti kesepakatan semula, semua puskesmas II akhirnya hanya melakukan proses entry data dengan Simpustu. Manajemen data dan pengolahan data dilakukan di puskesmas utama. Satu yang agak berbeda terjadi di Puskesmas Sukoharjo, dimana Puskesmas Sukoharjo II menjadi bank data untuk Puskesmas Sukoharjo I. Bukan masalah, toh akhirnya juga menjadi Puskesmas Sukoharjo hehe…
  3. Perbedaan penomoran indeks pasien : hal ini bisa diatasi, dimana pada saat proses setor data dari puskesmas kedua, tidak dilakukan sinkronisasi nomer indeks. Sempat terjadi beberapa data nomer indeks terkirim, tapi bisa dilakukan penghapusan dengan mudah. Masalah nomer indeks dikembalikan ke masing-masing puskesmas, sehingga saat ini puskesmas masih mengatur sendiri penomerannya. (mohon jangan dibayangkan Simpus Online yang memungkinkan satu orang satu nomer untuk se-Kabupaten Sukoharjo hehe… masih jauh untuk kesana).
  4. Kesiapan Staf : proses merger membutuhkan kesiapan dari semua staf, dari level kepala puskesmas sampai operator Simpus. Beberapa keberatan sempat ditemui, karena di satu puskesmas Simpus sudah berjalan dengan baik, sementara calon puskesmas partner merger satunya masih belum se-lancar yang lain. Hal ini memang menjadi tantangan baru untuk dinas kesehatan dan puskesmas yang bersangkutan.

Masih ada beberapa hal yang juga menjadi catatan untuk perjalanan Simpus ke depan di Sukoharjo. Banyak puskesmas sudah mulai menanyakan modul-modul baru, rencana pelatihan dan implementasi Simpus KIA, Simpus Web Based, pengadaan perangkat baru, pembangunan tower Simpus Online, dan gak ketinggalan pertanyaan gak penting, kapan kawin mas ? (hahaha… capek deh).

Polokarto, paling siap untuk Simpus Webbased

Polokarto, siap untuk Simpus Web based

Banyak hal lain yang ditemukan setelah merger selesai. Dan yang tidak boleh ketinggalan, dinas kesehatan memang juga harus bersiap lebih baik lagi untuk mengatasi kondisi yang muncul karena merger, maklum bulan depan, Juli, adalah bulan pertama uji coba kiriman data dari puskesmas setelah merger.

Merger Kartosuro

Merger Kartosuro

Eh ada satu pertanyaan tertinggal, beberapa staf ada saja yang menanyakan kepada saya : “Mas, besok kalau puskesmas pisah lagi gimana Simpusnya ???”.

Lho ???.

8 Tanggapan

  1. “Eh ada satu pertanyaan tertinggal, beberapa staf ada saja yang menanyakan kepada saya : “Mas, besok kalau puskesmas pisah lagi gimana Simpusnya ???”.”

    Mas Jojok: “Lumayan… proyek lagi….”

    Hehehe….

  2. ealah.. proyek gimana toh :p
    paling satu porsi sate kambing … hehe…

  3. Lha yo berarti kan proyek sate kambing to, hehehe…
    Kan tetep proyek to?

  4. Om Jojok, boleh dong minta tolong. Kasi tau tu orang pusat, kalau buat program semacam SIMPUS, nggak usah yang susah-susah pakenya. Contohnya Program K****** buat aplikasi KIA dan KB di Puskesmas. Orang Kabupaten kami aja nggak bisa instal, apalagi orang puskesmas yang mo makenya. Akhirnya ya mubazir.

    • wah mohon maaf, saya tidak tahu orang pusat pak. Mungkin bapak bisa langsung kontak di blog nya untuk menanyakan tentang programnya lebih lanjut.. bagus kok programnya, lengkap banget…mungkin butuh pelatihan lebih lanjut di Sungai Ayak. saya teruskan masukkan anda ke yang bersangkutan (kebetulan saya kenal baik dengan programernya kok).

  5. alhamdulillah
    kiriman data merger udah bisa diterima di bulan mei
    makasih dukungannya bos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: