Perjalanan ke Balangan

Minggu kemarin, saya memenuhi undangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Propinsi Kalimantan Selatan. Rencananya, sosialisasi awal Simpus untuk semua puskesmas yang ada, kemudian diikuti pelatihan singkat instalasi dan implementasi Simpus. Acara yang sempat maju mundur jadwalnya akhirnya bisa dilaksanakan juga tanggal 16-17 Juni. Maklum, untuk acara ini harus menyesuaikan dengan jadwal dr. Safril, mantan Kasubdin Yankes Propinsi yang sekarang sudah pindah di rumah sakit Amuntai. Saya sendiri mengajak Pur, maklum kondisi badan agak kurang fit, mata masih belekken, lebih enak ngajak teman.

Berangkat Selasa tanggal 15, dari rencana jam 11.00 take off, akhirnya baru berangkat pukul 15.00 lebih. Jam 17.00 WITA sudah sampai Banjarmasin, dan perjalanan pun dilanjutkan dengan kendaraan darat menuju Kabupaten Hulu Sungai Utara, tempat menginap kami.

Mumpung naik Ranger, rugi kalau gak mejeng...

Mumpung naik Ranger, rugi kalau gak mejeng...

Perjalanan panjang yang bikin gak tahan capeknya… apalagi sempat macet beberapa saat gara-gara ketemu konvoy truk pengangkut batu bara…untung Ford Ranger ternyata cukup nyaman juga untuk perjalanan jauh. Perjalanan darat pun ditempuh kurang lebih 6 jam sebelum sampai di Amuntai, ibu kota Kab. HSU pukul 00.30 WITA.
Kabupaten Balangan, adalah kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Hulu Sungai Utara. Paringin, ibu kota Balangan, terletak sekitar 30 km ke arah timur dari Amuntai. Umurnya baru sekitar 4 tahun. Jadi tidak aneh ketika hari pertama kami ke Paringin, di sana masih banyak gedung-gedung baru untuk pemerintah kabupaten. Menurut Pak Yuli, staf DKK yang menjemput di Banjarmasin, memang masih banyak hal-hal yang harus dibenahi di Balangan, dan salah satunya adalah sistem informasi di dinas kesehatan.

Satu-satunya dinkes yang harus copot sepatu sebelum masuk gedung...bisa ditiru dinkes lain nih.

Satu-satunya dinkes yang pernah saya datangi, yang sebaiknya copot sepatu sebelum masuk gedung...bisa ditiru dinkes lain nih.

Setelah mampir sejenak di dkk, kamipun menuju gedung SKB untuk acara pelatihan. Ada yang unik di kantor dkk ini, mungkin inilah satu-satunya kantor dinas kesehatan yang pernah saya datangi, dimana kalau masuk ke dalam gedung, sepatu (disarankan…) harus dilepas🙂 . Hal yang bisa ditiru dinas kesehatan daerah lain supaya kantornya tetap bersih hehe…

Acara seremonial seperti biasa dilakukan menjelang pelatihan. Pembukaan disampaikan oleh Bapak Kepala Dinas. Kemudian pak Agus dari Yankes DKK Balangan menyampaikan pembuka materi tentang kebijakan SIK yang akan dilakukan, serta rencana-rencana ke depan di Kabupaten Balangan. O iya, puskesmas di kabupaten ini ada 10, dan semua sudah memiliki komputer serta laptop untuk kegiatan Simpus mendatang.

Pembukaan pelatihan oleh bapak Kadinkes.

Pembukaan pelatihan oleh bapak Kadinkes.

Pak Agus, Pak Yuli, menyampaikan pengantar materi tentang Sistem Informasi Kesehatan.

Pak Agus, Pak Yuli, menyampaikan pengantar materi tentang Sistem Informasi Kesehatan.

Hari pertama, sukses untuk pengenalan dan install serta memulai Simpus di semua laptop. Beruntung pada presentasi sebelumnya Pak Agus menyampaikan materi pengantar yang cukup lengkap, saya pun tinggal bicara tentang Simpus.

Sore harinya, dr. Syafril menyempatkan diri datang ke hotel dan mengobrol panjang lebar soal rencana implementasi Simpus di Kalsel yang dulu beliau dampingi. Meskipun sudah menjadi direktur RS, semangatnya masih tinggi untuk ikut memberi masukkan tentang Simpus. Dan ternyata untuk hari kedua, ternyata dr. Syafril mendadak ada acara, alhasil materi yang seharusnya beliau sampaikan, ‘dititipkan’ ke saya.  Untung sudah sering ngobrol sehingga sedikit bisa nyambung dengan materi yang disiapkan.

Peserta pelatihan, alhamdulillah antusias ikut sampai pelatihan berakhir.

Peserta pelatihan, alhamdulillah antusias ikut sampai pelatihan berakhir.

Pelatihan hari kedua, beruntung saya ngajak Pur. Dia banyak membantu mendampingi untuk pelatihan praktek Simpus. Dari staf puskesmas yang hadir, ternyata hampir semua Kepala Puskesmas ikut hadir dan mengikuti pelatihan sampai selesai. Saya bahkan tidak tahu kalau kapus hadir semua, maklum yang disampaikan sebelumnya, pelatihan ini adalah untuk operator Simpus. Sayang, saya baru tahu pas mau pulang. Harusnya ada materi lain tentang manajemen Simpus yang bisa saya sampaikan.

Pada akhir pelatihan, Bu Inung, staf dkk seksi Sistem Informasi Kesehatan, ikut mengundang ibu-ibu dari Kesga untuk melihat dan berdiskusi masalah Simpus KIA yang sedang saya kembangkan. Banyak hal yang bisa dibahas ketika diskusi singkat itu. Mudah-mudahan dari Bidang KIA ikut tertarik untuk implementasi Simpus.

Serius diskusi di pojok tentang KIA...

Serius diskusi di pojok tentang KIA...

Dua hari di Balangan, pelatihan lancar, belekken juga menghilang (cukup pede untuk kembali ketemu mbak-mbak di Mandala😉 ), Jumat pagi pun saya kembali menempuh perjalanan panjang ke Klaten. Berangkat jam 8-an dari Amuntai, mampir sholat Jumat di Martapura, sempat keliru melihat pesawat Mandala yang mendarat (untung makan siang di sebelah bandara dah rampung, ternyata pesawat tujuan lain hehehe… ), jam 19.00 Jum’at malam saya tiba kembali ke rumah.

bagus banget...

bagus banget...

4 Tanggapan

  1. Ass..,mturnuwun bgt,trims dh nympatkn n mluangkn wkt ‘n tnga k kab.kmi.dh rela mbimbing n prktek sftwr simpus.aplg dsmpt2in wl beleken.kmi jd ndk enk,ngrptin bgt.yach,k dpnny mdh2n simpus d kab.kmi,kab.balangan,mski kab.bru pmkran,bru seumur anak Tk,bs brjln dg lncr,baik advokasi/aplikasi,mkci..h bgt,Slm simpus..,mksh jg bt ms.pur dh nymptkn maen k BLG,jgn kapok y..,mtrnwun,Wass..,SIK -dinkes BLG

    • sama-sama, saya juga berterimkasih dah bisa diberi kesempatan jalan-jalan ke Balangan. Mudah2an ke depan kita bisa bekerja sama mengembangkan Simpus…

  2. makasih pak raharjo, sy bidan yg lg tubel di UI. merasa senang mendengar bapak bsedia dtg kebalangan. mudahan ilmunya bs kami amalkan khususnya di bidang KIA

    • salam kenal bu bidan…Alhamdulillah saya bisa ke Balangan, mudah2an implementasi Simpus bisa berjalan lancar tahun depan..
      Apa ibu berkenan mencoba Simpus KIA ? nanti bisa saya kirimkan demo versionnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: