Sekilas Foto… Tower-towerku

Dalam sebuah perjalanan, seperti biasa saya iseng-iseng melihat kondisi satu puskesmas. Nah yang saya temukan di satu daerah ini mungkin bisa mewakili betapa ego sektoral dan carut marut proyek yang ada di negara kita lebih menonjol daripada koordinasi dan efisiensi anggaran.

Menara wifi kembar... semangat sekali membangun jaringan online

Menara wifi kembar... saking semangatnya membangun jaringan online

Ceritanya begini, daerah tersebut mengadakan proyek pengadaan jaringan online. Kebetulan yang bakal dipasang adalah dari dinas kesehatan, untuk jaringan Simpus Online.

Yang membuat saya mengelus dada, secara kebetulan kantor puskesmas dan kantor kecamatan hanya berbeda tembok. Kantor kecamatan sudah terpasang satu menara online untuk kependudukan. Dan herannya, ketika sudah tahu bahwa begitu dekat tower itu bakal berdampingan, ternyata dua proyek gak mau (atau tidak bisa?) untuk bekerja sama, paling tidak berbagi tower dan kemudian memindahkan salah satu tower ke puskesmas lain yang mungkin bisa lebih bermanfaat (asal jalan Simpusnya sih). Mungkin alasannya nanti bisa jadi temuan dari pemeriksa.

Jadilah, dua menara jaringan berdampingan mesra. Yang memprihatinkan, jaringan milik puskesmas yang baru, akan segera dirobohkan, maklum kondisinya bikin ngeri petugas-petugas puskesmas yang bersangkutan. Tanpa anti karat, kabel sling sudah ada yang putus, dan blassss… dari mulai didirikan sampai saat ini, satupun data Simpus belum ada yang terkirim ke dinas kesehatan.

Yahhh… itulah Indonesia, mudah-mudahan Sang Merah Putih itu tidak selamanya lesu berkibar.

10 Tanggapan

  1. Tumben mbahas soal tower Mas๐Ÿ™‚

    welehhhh… sering kok.. dah kedua kali ini, kalau nyrempet2 proyek towerisasi sih lebih sering lagi…

  2. Kyknya mang dah jd habit deh Jok…. proyek tumpang tindih ga jelas gitu… ntar klo dah berdiri jg maintenance-nya amburadul…..
    tp ktnya seeeh… right or wrong this is my country…. h3….

  3. ckckckckck……memang benar, amburadul

  4. Sedih juga sih. Lihat tower kembar. Tapi barangkali bisa nggantikan gedung WTC di Newyork. Kalo saya pikir ambil sisi baiknya saja walaupun kadang kita pikir masih jauh dari angan-angan. Banyak faktor, barangkali semangat pembangunan belum diikuti dengan semangat pemanfaatan. Ini yang perlu tindak lanjut. Simpus banyak macet juga begiru, kemampuan petugas, minta untuk belajar komputer ( takut kesetrum, takut rusak, yang lebih parah… takut disuruh-suruh kalo pinter) dll yang mungkin menambah masalah menjadi semakin nyeni/ menarik. Ini barangkali PR orang-orang berbakat seperti mas Jo, bagaimana membuat komputer dan softwarenya menjadi menarik dan mudah diaplikasikan.
    Sekedar info tambahan mas Jo.
    Tower Puskesmas ******** direncanakan akan dimanfaatkan/ dipindah ke Puskesmas lain yang membutuhkan. Puskesmas, dinkes, Kecamatan dan Dinas Inforkom ******* telah bertemu untuk penggunaan tower secara bersama, pakai tower kecamatan.
    Sekian dulu. Ada yang keliru mohon maaf

    • Wah syukurlah kalau sudah ada jalan keluar terbaik buat semua pihak… mohon maaf pak nama puskesmas dan daerah saya tutup, biar gak kena UU ITE hehe… yang penting apa yang sudah ada bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan bersama.
      GImana Simpus nya ? barcode nya sudah berfungsi? sudah ada tambahan output lagi tapi masih yang 12 kelompok umur, besok kalau 9 kelompok umur sudah jadi saya uploadkan juga..

      Sekian dulu, kalau saya ada kesalahan mohon maaf mumpung masih dalam suasana lebaran, salam untuk semua teman2 di puskesmas…

  5. ass. wr wb, wah yg habis plesir…..oleh2nya mana? yah itulah kondisi kita dan itu memang nyata. simpus on line masih jadi bayang2 mas krn menurut kabar burung ….gatot (gak pake kaca) dan akan diganti dgn yg baru (lain). jaringan/tower sementara hanya dipakai buat kirim berita dan internetan sedangkan untuk simpus masih pakai buatan mas jo2…..kalau ada tambahan/upgrade kirim via email, kan sudah lama tdk di up grade
    wass wr wb

    • waalaikum salam pak..
      hehe.. lumayan nih pak, jalan2 nengok teman2 Simpus di Kalsel.
      Simpus di situ gatot ? ndak papa pak, santai saja, banyak temennya kok hehe…

      tentang tower yang akhirnya buat internetan, itu juga yang terjadi di daerah lain, masih mending, belum dipake jadi game online antar puskesmas-dinas…

      o iya, Insya Allah sudah ada upgrade terbaru, tp ini agak rumit, jadi mungkin saya sendiri besok ke tempat bapak untuk upgrade.. lagi nyari waktu longgar… ditunggu saja nggih..๐Ÿ™‚

  6. […] Dua jempol untuk suatu daerah yang bisa mengkoordinasikan dan mengoptimalkan hal seperti ini. Jadi inget kisah dua tower kembar hehehe… Ruangan server Wonosobo. Jangan pandang ketidakrapiannya hehe (sori pak), tapi yang berfungsi, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: