Puskesmas Kartasura, memulai Simpus Web Based

Puasa, seperti yang saya tulis sebelumnya, Alhamdulillah tidak menghalangi team Simpus untuk tetap melayani puskesmas membenahi sistem informasi yang ada. Hari puasa pertama kemarin, saya sendirian ke Puskesmas Wonogiri II, pelatihan singkat dengan beberapa bidan desa, serta membenahi data Simpus, kemudian mampir ke RSUD Wonogiri, bertemu lagi dengan dua kenalan lama saya. Beliau-beliau adalah dr. Adhi Dharma, mantan Kepala Puskesmas Selogiri yang sekarang sudah pindah tugas di rumah sakit di bagian YanMed. Secara kebetulan dr. Adhi kembali bersama dalam satu institusi beserta mantan Kepala Puskesmas Wonogiri II, dr. Setyorini, yang dulu menjadi kepala puskesmas yang pertama kali mengundang saya untuk implementasi Simpus di Wonogiri. Beberapa tahun yang lalu, sebelum menjabat kepala puskesmas, dr. Adhi adalah dokter kedua di Puskesmas Wonogiri II. Sekarang, dr. Rini menjadi Kepala (atau Direktur ya ?) RSUD Wonogiri.

Tidak saya ceritakan perjalanan hari pertama ke Wonogiri (sssttt… belum deal ordernya hehe), yang akan saya ceritakan adalah sekedar cerita pendek di hari kedua untuk memulai satu langkah baru pengembangan Simpus di Kabupaten Sukoharjo, yaitu mulai memperkenalkan sistem Simpus Web Based di dua puskesmas yang terpilih yaitu Puskesmas Kartasura. Puskesmas lain yang rencananya bakal dikembangkan adalah Puskesmas Polokarto.

Simpus Web Based...telah terinstall..

Simpus Web Based...setelah terinstall dengan sukses..

Senin pagi, saya bersama Bagyo, Pur, dan Uun sudah menuju Puskesmas Kartasura untuk menyelasaikan pemasangan kabel jaringan yang hari Jumat sebelumnya belum rampung dipasang. Rencananya memang semua pekerjaan instalasi kabel dan program diselesaikan dalam satu hari, sementara rencana hari Selasa besok menginstall program di Puskesmas Polokarto.

Mas Yudha sudah hadir di puskesmas ketika saya tiba. Beliau adalah team Simpus DKK Sukoharjo yang sangat rajin mendampingi kami setiap kali ada acara di puskesmas. Padahal, mungkin maksud sebenarnya pingin mengawasi kalau kami benar-benar bekerja hehe… Dan acara pasang-pasang kabel pun segera dilakukan di sela-sela kunjungan pasien yang cukup ramai.

Memasang kabel di sela kunjungan pasien.

Memasang kabel di sela kunjungan pasien.

Puskesmas Kartasura bisa dibilang memiliki komputer yang cukup untuk melaksanakan Simpus Web Based. Kendala yang ditemui hanya satu, daya listrik yang masih menunggu untuk ditambah oleh PLN. Komputer, hampir semuanya baru, hasil pengadaan Simpus beberapa tahun belakangan ini secara bertahap. Rencananya komputer untuk Simpus Web Based akan terpasang di Loket Pendaftaran, BP Umum, BP Gigi, KIA, Apotik, dan satu komputer sebagai server program.

Memasang kabel di dak beton...

Memasang kabel di dak beton...

Kendala secara teknis tidak ditemui secara berarti, kecuali Pur dan Uun yang harus ekstra keras memasang kabel dengan klem di dinding beton. Kabel yang dipasang pun langsung konek setelah dipasang konektor LAN. Beruntung keduanya masih cukup punya cadangan energi, maklum Kartasura sangat panas.

Kesempatan ini memang sekaligus untuk mulai mengajari Uun memasang konektor, maklum lulusan psikologi ini sebelumnya lebih pinter ndengerin orang curhat daripada mengurutkan kabel LAN. Dan hasilnya tidak mengecewakan, satu kali belajar langsung sukses.

Memasang konektor ke kabel...bukan hal yang mudah untuk pemula..

Memasang konektor ke kabel...bukan hal yang mudah untuk pemula..

Selesai pemasangan kabel, komputer server pun kami install dengan Simpus Web Based. Bagyo yang memang sudah biasa install segera melakukan tugasnya dengan sukses. Tidak butuh waktu lama untuk setting, dan siangnya pun Simpus Web Based sudah berhasil kami pasang. Uji coba sebentar dilakukan di Loket Pendaftaran.

Akibat fesbuk, terbiasa narsis di sela kerjaan... mejeng di depan server Simpus

Akibat fesbuk, terbiasa narsis di sela kerjaan... mejeng di depan server Simpus

Beberapa staf ikut menemani kami sampai sekitar jam 1.30, sambil saya memberikan beberapa masukan untuk mereka tentang Simpus Web Based yang sedikit berbeda dengan Simpus Jojok sebelumnya. Beberapa petugas Simpus tampak senang ketika sudah bisa melihat gambaran kerja Simpus Web Based.

Siang itu juga, Simpus Web Based dinyatakan siap di aplikasikan di Puskesmas Kartasura. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk sosialisasi dan pelatihan semua staf pengguna Simpus.

6 Tanggapan

  1. smogaaa lancar terrruss ngordernyaa…barakalllahhh..amienn..oya, pak ad software atau file buat belajar toefl gak ya?? baroon gitu kalo ada??ehehehe…nuwun

  2. amien…matur nuwun doa nya..

    software toefl kok belum pernah tau ya saya… blm pernah ikut sih😀

  3. Kelihatannya ada dua orang lagi yang saya kenal selain Mas Jojok tuh… Salam ya buat semua….Hiduplah SIK

  4. Mas jojo… emang blm deal ya simpus kia di wng…mg aja sgr terlaksana…lam kenal…

    • Salam kenal juga Pak Yani…

      Simpus KIA Wonogiri masih proses administrasi, banyak hal yang harus dilakukan, kebetulan juga beberapa item pekerjaan belum pas.. mudah2an segera terlaksana, menyusul Magelang dan beberapa daerah lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: