Kalau anak bidan ikut pertemuan

Untuk memulai kegiatan implementasi Simpus KIA di salah satu kabupaten, maka acara pertama yang wajib untuk dilakukan adalah sosialisasi ke semua bidan koordinator yang ada dari tiap puskesmas. Tujuannya jelas, di awal kegiatan, semua bidan harus tahu apa yang mau diimplementasikan, gambaran kegiatan, serta langkah-langkah yang harus disepakati selama kegiatan implementasi dimulai.

Kalau lagi memberi "siraman rohani" hehe...

Kalau lagi memberi "siraman rohani" hehe...

Nah ketika ikut salah satu pertemuan itulah, saya jadi geli ketika melihat seorang ibu bidan, mengajak serta anaknya yang (sepertinya) masih seusia anak sekolah dasar.

Ini yang bikin saya geli :

Saya jadi senyum-senyum sendiri sambil nyuruh Uun untuk motret si anak bidan, karena saya jadi ingat pengalaman waktu masih kecil, ketika dulu juga sering ikut kalau ibu setor laporan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten. Saya jadi ingat kalau dibonceng, dijepit di tengah-tengah antara bapak ibu, kadang juga dengan gagahnya minta duduk di depan bapak, di atas tangki bensin. Biasanya setelah mengantar ibu ke DKK, kadang kalau ada keperluan lain bapak ngajak untuk jalan-jalan dulu, atau makan sate kambing (hehe…maaf, hobi ini memang bawaan dari kecil, meneladani bapak) yang kebetulan juga gak jauh dari dinas, atau nyari mainan di toko-toko sepanjang jalan Pemuda Klaten. Karena waktu itu belum ada HP, maka kadang kalau pas pulang menjemput ibu di dinas, ternyata rapat masih berlangsung. Belum bisa SMS-an.Tapi yang jelas, seingat saya belum pernah saya ikut masuk ruangan rapat kemudian duduk manis di samping ibu. Sambil menunggu, saya lebih senang jalan-jalan liat-liat ruangan dinas, atau duduk di tempat parkir.

Siang kalau sudah selesai rapat, tinggal kembali dijepit ditengah antara bapak dan ibu. Sering dalam perjalanan pulang saya ketiduran di motor.

Nah, pada pertemuan yang baru saja saya ikuti ini, kebetulan saya mendapat jatah sesi terakhir sebelum makan siang. Karena itu saya duduk di kursi paling belakang sambil melihat materi-materi yang disampaikan bidan koordinator atau bidan puskesmas, kemudian mencari ide, barangkali ada masukkan untuk Simpus KIA. Setelah beberapa saat rapat dimulai, seperti biasa beberapa ibu bidan datang agak terlambat. Salah satu dari mereka masuk membawa anaknya. Kebetulan mereka mengambil tempat duduk di depan saya persis.

Di awal pertemuan, ndak ada yang aneh. Tapi lama-lama, mulai kelihatan kegelisahan si anak, jelas dia bosen ndengerin materi yang jelas gak bakalan dia pahami. Belum satu jam, sudah mulai bisik-bisik minta pulang. Dari bisik-bisik, ditambah narik-narik, sambil merengek-rengek minta segera keluar. Ibu tadi rupanya cukup rajin untuk ikut rapat sampai selesai, dan beliau sama sekali tidak menuruti keinginan pulang awal, hanya beliau menjadi sibuk membujuk si anak supaya gak bikin ulah…

Nah.. mau tau polah si Anak Bidan ??? yang jelas saya pastikan kalau dia gak niru anak bidan satunya yang lagi nulis blog ini …

Awal pertemuan, masih duduk manis di samping ibunda... duduk paling belakang itu anak bidan yang senior hehe...

Awal pertemuan, masih duduk manis di samping ibunda... duduk di belakangnya itu anak bidan yang senior hehe...

Mulai gelisah, bisik-bisik minta pulang...

Mulai gelisah, bisik-bisik minta pulang...

Mulai tak tahan, HP pengalih perhatian gak mempan, mulai pindah kanan kiri tempat duduk. Ibu tetap duduk manis...

Mulai tak tahan, HP pengalih perhatian gak mempan, mulai pindah kanan kiri tempat duduk. Ibu tetap duduk manis...

Ibu bidan tetap semangat rapat, kemana si anak sekarang ???

Yessss.... Ibu bidan tetap semangat rapat, kemana si anak sekarang ???

oalahhhh dik... teryata lagi blusukkan di bawah meja ibu... dengan manisnya kaki nangkring di depan laptop tercinta....

oalahhhh dik... teryata lagi blusukkan di bawah meja ibu... dengan manisnya kaki nangkring di depan laptop tercinta....

Ibu bidan sampai bilang "sssttt... malu tuh, ada omm ganteng punya laptop di belakang, ayo kakinya turun...!!!".

Ibu bidan sampai bilang "sssttt... malu tuh, ada omm ganteng punya laptop di belakang, ayo kakinya turun...!!!".

hehe… bisa membayangkan kan, kalau mengajak anak kecil ke pertemuan.. untunglah akhirnya dia sadar dan mau pingin meniru anak bidan yang lebih senior dari lereng Merapi…

"Bener juga kata ibu, omm nya cakep, pinter mainin laptop...."

"Bener juga kata ibu, omm nya cakep, pinter mainin laptop..."

Maaf… dialog-dialog yang terakhir karangan saya sendiri…

12 Tanggapan

  1. Siapa tau 30 tahun lagi si anak keliling dari puskesmas ke puskesmas, gagah naik motor, nenteng laptop, pede presentasi di depan ibu2 bidan plus mbak2 bidan yang cantik๐Ÿ™‚

    • amiennnn…
      siapa tau 30 tahun lagi dia banyak penggemar… atau jadi bintang iklan… paling gak iklan kaos kaki atau sepatu… dah pinter audisi kaki… :))

  2. semoga 30 tahun lagi
    si anak bidan itu ga niru si anak bidan senior
    yang masih kebingungan mencari tambatan hati….
    wkwkkwkwkkwkwkwk…………….piss

  3. Halo Om Jojok, gimana khabarnya ? Mudah2an simpusnya tetap laris manis and rajin keliling Puskesmas.

  4. Kabar baik…
    amiennnn.. mudah2an laris manis banget hehe.. ini lagi keliling Kalsel…besok nengok Pelaihari sama Kandangan..

  5. jadi inget masa kecil gw dulu jok, melu ibu rapat mung ngincer kue2nya hahaha…semangat terus ya jok!!

  6. wow jadi inget sering bawa2 anak ke puskesmas.. bahkan pernah sampe dibawa2 ke dinas. biasalah mas wong solo ngrantau ke cilegon gak ada sodara.. giliran pengasuhnya nggak masuk yo wis diajak deh anaknya.. hehe.. wah salut2.. mas sering bantuin bikin laporan bundanya juga ya kok sampe bikin simpus hehehe..*_*

    • matur nuwun Bu Sofi dah rawuh di sini…๐Ÿ™‚
      lho ?? dari Cilegon toh ? Simpus nya sudah lancar kah ?
      kalau dulu gak sering bantu ibu kok, cuma kalau lagi pas butuh uang jajan saja hehehe…

  7. yeah,,gitu deh,, ibu bidan,,kemana-mana bawa anak,,
    aku juga,,, ๐Ÿ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: