GCOS 2009

Minggu ini, 26-27 Oktober 2009, saya mendapat kesempatan ikut satu konferensi di jakarta. Bukan tentang Simpus secara spesifik, tetapi tentang satu perkembangan software open source. GCOS, Global Conference on Open Source. Sebelumnya memang saya agak kurang tertarik ikut kegiatan ini. Pak Anis (saya sebut saja Anis ya, beliau teman saya dari SMA hehe… ) yang mengajak lewat email yang dia kirim. Ketika lihat siapa saja yang bakal omong, itulah yang bikin malas. Coba bayangin saja banyak orang luar disana. Terbayang kalau harus omong Bahasa Inggris, hal yang bisa bikin saya semaput sebelum mulai. Cuma karena Anis bilang boleh pake boso jowo walikan (hahaha… bahasa gaul di Jogja), plus dibilangin panitia bakal dapat 2 malam di Sangri La, saya pun oke untuk berangkat.

Melihat macet

Melihat Jakarta sore hari, makasih Tuhan saya gak hidup di kota ini...

Sistem open source sendiri saya masih sering menangkap pemahaman yang berbeda. Sebagian user saya secara langsung menohok dengan permintaan menggratiskan Simpus supaya bisa ikut aliran besar open source, sebagian lain masih bisa cukup paham kalau tidak segampang itu ambil software pasang tanpa bayar.

Ada dua teman yang barengan berangkat ke Jakarta, Albert, anggota team Simpus, saya ajak karena memang saya andalkan jadi juru bicara ke-Simpus-an, bukan kepresidenan ya, belum waktunya, kemudian juga bersama Mas Yudha, staf dinas kesehatan Sukoharjo yang memang mulai mempunyai ketertarikan di dunia open source (ini juga oknum yang sebenarnya ngomporin supaya saya ikut ngomong).

Ndak perlu saya cerita tentang kamar Sangri La, yang jelas jauh di atas kamar kost di Jogja dulu, tapi memang dari konferensi kemarin banyak hal baru yang bisa saya ambil. Hari pertama, jelas full pusing karena harus ndengerin plus nerjamahin pembicara dari luar yang pinter bahasa cas cis cus itu… yang jelas beberapa paparan memang masih bersifat sangat mendasar, tapi sangat menarik untuk diikuti.

Reuni

Reuni kecil, kami bertiga adalah teman satu SMA.. Jojok, Khabib, Anis..

Di penghujung acara, beruntung bisa ngobrol-ngobrol dengan Dr. Alfin B. Marcelo, beliau dari Philipina, yang juga pernah mengerjakan pengembangan semacam Simpus disana. Perlu saya luruskan, bukan saya yang ngobrol, tapi Albert. Saya lebih banyak ah ah uh uh oh oh… yes no…

Bareng Pak Alvin

Memenuhi permintaan seorang oknum, tambah lagi foto-nya hehe... bersama Pak Alvin

Hari kedua, mulai lebih spesifik, dimana acara dipisahkan pada beberapa sesi workshop yang berbeda. Nah saya bergabung di workshop bagian kesehatan. Disini hadir beberapa pembicara dari berbagai kalangan yang pernah mengembangkan Sistem Informasi Kesehatan.. Dan saya cukup beruntung menjadi salah satu bagian dari mereka, meskipun akhirnya hanya bisa bicara beberapa menit tanpa sempat mendemokan Simpus.

Anis presentasi

Anis sedang membuka diskusi. Peserta banyak yang membawa notebook, mengetik diskusi, sesekali ngisi fesbuk...

Alhasil, benar-benar banyak hal baru yang saya temukan selama dua hari. Biarlah jadi catatan pribadi saya. Albert cukup detail menulis tentang ini di catatan-catatan dia.

Yang pingin saya bagi, cukup foto-foto dari Jakarta.

dr Untung

dr. Untung, dari Pusdatin, ikut memberikan materi.

Nampang

Bareng Albert...

Bareng mbak-mbak

Foto yuk, di kampung gak ada yang kayak mbak... (norak mode on)

Tolong foto dong

Mbak... tolong foto kita dong...kenang2 an untuk istri di rumah (sumpah, kalau ini bukan saya yang mbatin)...

hehehe….

27 Tanggapan

  1. Wah rada curang nih🙂
    Yang hari ke2 mbok diceritakan yang agak detil Mas…

  2. wah fotone sithik men
    sing ono wajah oknum kog ga dipasang..???

  3. wah by request
    langsung tayang…..
    lanjutkan….

  4. curang!…maen ke JKT g mampir k cilegon.tp aku salut dg mas jojok…..goodluck tetap maju gd simpusnya,moga2 simpus yg saya pk di clg bs dimasimalkan.

  5. foto kembaran nggak ada?

    • hahaha… foto pas kembar gak ada… tadinya mau aku poto dirimu sama orang satunya itu, gak tega, nanti bu Fenti ra mandeg le ngguyu hehe…

  6. sesuk meneh nek ke Jakarta mbok yo ngabari..ben iso di parani tho..
    ojo telpon koncone bar do rampung mangan awan..

  7. Cerita isi pertemuannya manaaaaa?? malah foto-foto tho! xixi

    • lho, kan tinggal klik link ke blog nya Albert itu pak, lebih enak dibaca dan runtut, daripada saya yg nulis nanti malah isinya nyeritain mbak2 itu hehe…

  8. Wach…
    Spertina Seru Mas….

    Pengen ngikut kpn2 klo ad lagi…
    Walaupun gak bisa bahasana yg pasti baca bahasa tubuh az…

    Tapi lebih ahli bahasa tubuh mbak2na yg di front office…😀

  9. Waduh, mas albert dan mas jojok pada bertengkar neeee…. udah2, seng penting konferensinya kan udah kelar….

    Banyak pengalaman yang didapatkan selama ikut acara ya mas???? Mantep tenan iki mas jojok, ada Bos Anis, Bos Khabib lagi…. makin lengkap reuninya….😀

    Kira2 Simpusnya mas jojok ada rencana dialihkan jd Open Source gk???? Pissss Mas…. ^_^ Y

    • Biar rame aja kok Mas🙂

      Soal open source, sejauh ada business model yang oke, ya mungkin saja beralih ke open source. Bener gitu Mas Jojok?

  10. Wach…
    Gara2 Bahasa Tubuh jadi ribut ney…😀

    Belum bahasa kalbu…🙂

    Simpus bisa Open Source, tapi untuk download dan Instal baru bayar…😀

    Kecuali ad Donatur tetap yg mau nanggung…

    • hehehe…
      ada sebagian beranggapan kalau sudah open source mudah berkembang, banyak teman, dan tetep ada penghasilan… menurut saya sih memang harus ada donatur yang nanggung.. nanggung biaya hidup, biaya jalan-jalan, biaya sosialisasi, biaya kendaraan…

      Saya lebih cenderung, sekalian profesional, biar kita serius di bidang yang kita pilih…

  11. PENGGUNA PRODUK BILL GATES MEMANG MENGHASILKAN ORANG2 SEPERTI ANDA…

    • 🙂
      terima kasih pak Bill Gates… saya yakin kalau anda pasti lain dan punya model yang lebih baik… bisa bantu saya memberi pencerahan ??

  12. hihihihi….kebayang yang mual liat semrawutnya jakarta..;p

Tinggalkan Balasan

