Icip-icip Simpus Web Based

Sekali-sekali, Albert jadi Cover Boy...

Simpus Jojok Single User, sudah lama diimplementasikan dengan lancar di semua puskemas di wilayah Sukoharjo. Semua puskesmas sudah menyampaikan laporan dengan menggunakan disket flashdisk. Dan menyusul implementasi Simpus Web Based yang telah berjalan lancar di Puskesmas Polokarto, puskesmas-puskesmas lain rencananya akan menyusul di waktu yang akan datang. Mau tidak mau, para pengelola Simpus harus diberi kesempatan untuk melihat dan mencoba langsung sehingga ketika waktunya tiba, mereka sudah mendapat gambaran secara jelas tentang sistem yang baru. Kesempatan itu akhirnya dilakukan di salah satu pertemuan rutin yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo beberapa minggu yang lalu.

Pertemuan ini sendiri memang agak lain.

Pertama dari lokasi, agak menyimpang dari kebiasaan. Sudah bebeberapa pertemuan dilakukan di rumah makan Mbak Mul, Kota Sukoharjo. Nah kali pertemuan Simpus dilakukan sebuah hotel di Kota Solo, bukan untuk bermewah-mewahan, tapi secara kebetulan memang ada materi yang ada sengaja (atau tidak) membutuhkan satu fasilitas yang disediakan hotel itu. Kemudian yang Kedua, ada beberapa pembicara lain selain saya hehe.. biasanya saya sendiri single fighter untuk berbicara di depan puskesmas, kali ini ada beberapa pendatang baru yang hadir..

Cukup lengkap materi pertemuan Simpus kali ini, bahkan Pak Deddy, pengelola Simpus Kota Magelang Selatan, ikut hadir untuk berbagi pengalaman implementasi Simpus Web Based di puskesmas beliau. Dibela-belain naik bis, beliau hadir lebih dahulu bersama Albert daripada saya yang datang belakangan. (Ada urusan, maklum orang sibuk…hehe…). Dari Team Simpus Jojok juga hadir teman-teman yang selama ini mendampingi puskesmas, Bagyo dan Uun.

Hari pertama : ada beberapa hal yang di bahas dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari itu antara lain :

  • Pak Deddy menyampaikan pengalaman ber-Simpus-nya, yang telah berjalan di Magelang Selatan, termasuk perjuangan dan langkah-langkah dari awal supaya Simpus bisa dibutuhkan oleh semua staf puskesmas. O iya, di puskesmas ini, Simpus Web Based bermigrasi dari Simpus yang lama dalam waktu yang cukup singkat. Dua minggu uji coba, dan ketika Hari-H, cukup satu hari untuk langsung berpindah sistem.

Pak Deddy dan Albert, berbagi pengalaman implementasi dari Kota Magelang. Dua-duanya adalah yang pertama, pertama yang memakai, dan pengalaman pertama mencoba dan mendampingi implementasi Simpus.

  • Pak Untoro, dari Puskesmas Polokarto juga ikut menyampaikan pengalaman dan kendala yang dilalui ketika mulai mengimplementasikan Simpus yang baru.
  • Pengenalan Simpus Web Based, langsung disampaikan oleh Programer Simpus Web, Albert. Saya sendiri ikut berpartisipasi dengan alat access point yang saya bawa. Setelah pengenalan singkat materi webbased, saat itu juga semua peserta mulai mencoba untuk mengimplementasikan Simpus. Caranya, dengan simulasi yang dilakukan oleh semua peserta yang membawa laptop, untuk difungsikan sebagai unit-unit pelayanan di puskesmas. Sebagian peserta sebagai loket pendaftaran, ada yang sebagai BP Umum, BP Gigi, BP KIA, dan juga loket Obat.

Laptop jadi server, pasang access point, siap untuk dicoba peserta.

Sebagian peserta... beberapa (eh agak banyak ding) di antaranya belum pernah browsing hehe...

Sangat menarik pengalaman pertama mengenal Simpus Web Based bagi sebagian peserta. Beberapa sudah biasa browsing internet, dan sebagian lagi bahkan belum mengerti apa itu browser, alhasil, kami pun mondar-mandir diantara peserta untuk menuntun langkah demi langkah apa yang harus di klik. Belum lagi beberapa laptop harus disetting ulang supaya bisa online dengan laptop yang saya sediakan.

Mas Jumpono, ikut wira-wiri pindah laptop...

Di hari kedua, baru terasa manfaat pertemuan di hotel yang menyediakan fasilitas wifi itu. Hari kedua diisi dengan materi :

  • Membuat email di Gmailbersama-sama, kemudian cara mengirim email dan juga menerima email, mengirim laporan Simpus ke email dinas kesehatan dengan email serta juga membuat daftar email untuk semua puskesmas di Sukoharjo. Hal ini akan ditindaklanjuti dengan rencana pengadaan modem untuk semua puskesmas beserta rencana untuk menyediakan pulsa. Gak banyak sih, bahkan 10 ribu per bulan sudah lebih dari cukup untuk email-emailan laporan Simpus. Albert kembali membimbing semua peserta untuk langkah demi langkah membuat email.

Membuat email... untuk beberapa staf, ini juga merupakan hal yang baru. Kalau fesbuk sih... pernah denger... hehehe.

Tuh bener kan... yang lain sibuk mbikin email, buat yang sudah punya email, waktunya dipake buat update fesbuk...πŸ™‚

  • Mas Yuda, pengelola Simpus Sukoharjo, mulai menyampaikan rencana-rencana pengembangan Simpus Sukoharjo untuk beberapa tahun mendatang. Alhamdulillah tidak rencana towerisasi yang disampaikan. Yang jelas rencana-rencana yang disampaikan sangat sesuai dengan yang saya inginkan, pembenahan yang benar-benar paling mendasar di semua puskesmas, baru rencana pengembangan di tingkat dinas. Beberapa rencananya antara lain : Simpus Rawat Inap, SMS Gateway, Sarana online dengan modem, serta pengembangan beberapa software baru di dinas kesehatan dan puskesmas.

Mas Yuda... maaf foto nya terpilih yang kecil... itu lho nomer 7 dari kiri, disamping layar.

  • Pak Untoro, kembali menyampaikan evaluasi Program Simpus KIA yang sudah berjalan beberapa waktu di Polokarto. Data sudah cukup banyak dimasukkan dan segera dibutuhkan upgrade terbaru untuk segera disebarkan ke semua bidan yang sudah mempunyai komputer.

Mas Untoro, tampil lagi di hari kedua. Kali ini tentang Simpus KIA.

Pertemuan ditutup oleh Bu Nastiti, Kabid Registrasi Informasi dan Sumber Daya Kesehatan DKK Sukoharjo, didampingi dengan Pak Benny, Kasie Informasi dan Data Kesehatan. Beliau berdua selama ini memang sangat support dengan semua kegiatan Simpus. Bahkan Pak Benny termasuk yang rajin mendampingi kalau saya sedang pelatihan atau keliling puskesmas di sana.

Bu Nastiti dan Pak Benny, menutup pertemuan dengan beberapa kesimpulan dan perencanaan ke depan.

Memang, saya secara pribadi sangat senang dengan pertemuan semacam ini. Hal yang sangat penting dalam proses pengembangan Simpus. Banyak hal baru yang bisa secara efektif disampaikan, dan yang jelas, komunikasi antara dinas kesehatan dengan puskesmas pun bisa terjalin dengan sangat baik.

Beberapa daerah pemakai Simpus Jojok, mungkin perlu belajar ke Sukoharjo, bagaimana membangun komunikasi seperti ini. Dan itu adalah salah satu upaya supaya pengembangan Simpus bisa berjalan dengan lancar. Sering keluhan dari puskesmas bahkan disampaikan ke saya, bagaimana dinas kurang peduli terhadap Simpus, atau jarang menanggapi keluhan yang disuarakan puskesmas.

Tapi yang jelas, acara icip-icip Simpus Web Based seperti ini pun bisa dilakukan ditempat lain…

30 Tanggapan

  1. Beuhhhhh, si mbahnya Simpus udah nulis lg neee….πŸ˜€

    • waduhhhh… dah langsung ada yang klik haha..
      iya nih mas, kemarin sibuk banget buat nulis, gak sempat nulis. itu juga ceritanya dah agak lama, stok dah numpuk..πŸ˜€

  2. wah .. kalo simpus webbasednya mas jojok saya udah kenyang .. ngga icip2 lagi .;.

  3. wah udah tambah laris nih simpus nya mas… siiip deh…

  4. kapan ya boyolali bisa kayak gini?

  5. smoga bisa segera terealisasi..

  6. smoga puskesmas rawat inap jg bisa segera jalan simpus online nya..biar ga capek2 lg bwt enrty data diagnosis&obat..hehehe

    • sabar nggih mbak…πŸ™‚
      tadi kenapa gak mengajukan diri untuk nyoba online ? dulu bu Yul dah minta lho, besok lapor beliau ya… paling nanti dijewer hehehe….

      eh dah siap semua toh komputernya ??

  7. lha katanya yg ranap blm boleh dulu to td,katanya bwt pkm rajal dl..hehe
    iya bu yun jg sbnrnya dah nanyain..
    kompienya sbnrnya msh krg yg bwt BP gigi+kabel2 internet d ruang BP Umum, BP Gigi, Apotek jg blm dpasang..
    yup..gpapa..sabar aja koq..hehe

  8. Berapa mas harga SIMPUS Webnya, dapatkah saya menjadi partner pemasaran? bagaimana caranya saya agar dapat mencobanya?

  9. mas,…minta demo simpus web base nya dong biar mau mempelajar dulu, ….saya dari dinas kesehatan ktim kalimantan tengah…trims

  10. […] secara online. Bulan September ini Dinkes akan mengundang Raharjo, ST (pakar Simpus, bisa dibaca di https://ceritasimpus.wordpress.com/2010/05/16/icip-icip-simpus-web-based/)Β dari Jogja, untuk mengenalkan ke puskesmas tentang Simpus berbasis web. Tulisan ini […]

  11. apa kabar mas jojok lama nggak ketemu, mau nanya masalah simpus gini mas jojok saya buka wordpress trs ada upgrade baru saya instal databasenya yg lama saya ganti yg baru kok bulan dan tahun nggak keluar dimana mas jojok

  12. Salam kenal mas jojok, kami dari Pokja ampl rejang lebong pengen ikutan belajar juga tentang simpus. tq.

  13. kebetulan skripsi ku juga simpus berbasis web.. p.jojok bisa liat database untuk obatnya??? buat refrnsi saya,,, terima kasih sebelumnya

    • salam kenal alvy20
      database untuk obat sederhana saja kok, belum sampai pada inventori obat yang terintegrasi dengan pelayanan.
      hanya sekedar mengikuti variabel pada LPLPO..πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: