Tentang blog ini

Terus terang saya bukan orang yang pintar menulis. Mengarang, adalah salah satu mata pelajaran yang menjadi momok jaman SD SMP bahkan SMA (eh SMA masih mengarang gak ya?). Membayangkan tugas  untuk menulis sekian paragraf, memilah tema paragraf, meletakkan tema di awal tengah atau akhir paragraf, sudah cukup membuat satu jam pelajaran seperti seminggu sekolah.

Bulan Puasa tahun 2008, mungkin sudah nasib, kok diminta ke Propinsi Riau dan Bengkulu, untuk memberikan pendampingan dan salah satu materi adalah pelatihan membuat blog untuk dinas kesehatan. Sebelumnya, hanya satu kali saya mendaftar blog untuk kemudian lupa password masuknya. Terpaksa, saat itu juga semalam belajar ngeblog, mendaftar di WordPress, dan mencoba menulis. Dan akhirnya saya teruskan dan putuskan untuk terus “memelihara” blog ini. Sayang rasanya kalau sudah mengajak orang lain ber blog ria kok saya sendiri tidak memanfaatkan.

Cerita tentang Simpus, adalah blog yang saya harapkan bisa jadi jembatan komunikasi antara pengguna Simpus dan saya pribadi sebagai pengembang Simpus untuk puskesmas. Bisa jadi media untuk saling bercerita dan berbagi untuk kemajuan Simpus(nya mas jojok). Sekian tahun ‘mengembara’ tentunya banyak cerita yang didapat, banyak kesan yang dirasakan, banyak kendala yang ditemui, tentunya semua bisa menjadi ajang mawas diri dan pembelajaran kita untuk lebih melangkah ke langkah berikutnya.

Penulis waktu mendaftarkan diri untuk Blog..di Randublatung, Blora hehe

Penulis waktu mendaftarkan diri untuk Blog..di Randublatung, Blora, Jawa Tengah. Mas Tukul bilang tempatnya 'Ngatini' Vega hehe..

73 Tanggapan

  1. Mas aku dah baca blog nya, tapi aku ngak tahu daerahnya dimana , ini dipropinsi mana mas…, oh ya Site ini aku link juga ya ke http://www.simpus.wordpress.com/

    • sy pembaca baru, mat kenalan, nama sy sugeng prayogi, bekerja di dinkes kota samarinda, bisakah sy minta no telepon/ hp atau email mas jojok, ada banyak hal yg akan sy tanyakan seputar simpus, atas perkenan mas jojok sy ucapkan matur suwun (hersimkes@yahoo.co.id)

  2. terima kasih sudah berkunjung blog ini, semoga bisa menambah teman untuk bersama sama mengembangkan Simpus. saya sendiri domisili di Klaten, dan memang untuk Simpus yang saya kembangkan sudah di pake di beberapa puskesmas di beberapa daerah, tidak di satu daerah tertentu saja. dalam waktu dekat akan saya ceritakan juga beberapa pengalaman mengimplementasikan Simpus di puskesmas dengan segala kendala dan hambatannya.

    maaf saya baru belajar membuat blog, jadi belum begitu paham untuk lebih memperbagus tampilan dan item-item blog hehe…site nya nanti saya link juga ya..

  3. nulis blognya pake apa ?

  4. TOP BGT dh mas yg 1 ini….ampe foto idola aja dipejeng….hehehehehe…..
    Tp tetep inget ya mas, walau giat kerja jgn lupa nyari bojo……ocre…..

    wiss u all the best…..

  5. mas Jojok alamat lengkapnya kok saya Lali tanya…e.
    dimana ya ..

  6. mas, wis tak link lho… *nagih*

  7. blognya bagus, kebetulan saya juga pengelola simpusnya Dinkes Tenggarong.Tapi kita kok lom sempat kenalan ya, maaf atau saya yang terlalu sibuk hehhehe

  8. wah .. mungkin bapak terlalu sibuk, jadi gak sempat ketemu pas pelatihan atau pertemuan Simpus hehe.. kerjaanya rangkap-rangkap ya pak ? mudah2an besok saya bisa ke Tenggarong lagi dan sharing tentang simpus dengan bapak. titip simpus pak ..

  9. Lho medangnya kok ga da?

  10. sabar bu, besok Medang saya tampilkan kalau sudah siap bahan-bahannya hehe… jangan-jangan saya tampilkan sekarang nanti Blora ramai…

  11. Mas Jojok,
    Salam Kenal dari Palembang
    Blognya bagus dan banyak manfaaatnya untuk menambah wawasan tentang SIMPUS.
    Trims atas commentnya di blog saya
    Oh yaa alamat lengkapnya dimana. thanks

  12. saya Klaten nya di Manisrenggo pak, kalau bapak pernah lewat Prambanan, nah itu ke arah utara 13 km an, di lereng tenggara Gunung Merapi. kalau email sih masjojok@yahoo.com hehe..

    Sering-sering nulis di blog nya pak biar bisa sama-sama nambah wawasan Simpus. Dan yang jelas sama-sama membenahi Simpus juga..

  13. Salam kenal mas,saya umi hani,salah satu operator simpus di pkm landasan ulin banjarbaru,kalsel.yg pas pertemuan evaluasi nanya ke mas gmna mo comment blog py mas,maklum mas,gaptek kronis.hehehe.tdnya saya males bgt ikut pertemuan,lha wong yg ikut pelatihan simpus yg pertama bukan saya,saya juga cuma sempet ikutan ngentry data skitar 2 minggu di pkm, koq ya ujug2 saya yg disuruh ikutan pertemuan evaluasinya,tp ya ternyata ga sia2,byk ilmu yg didapat,mudah2an semangat kami2 ini juga ga mandeg,demi simpus dan puskesmas kami tercinta, thanks a lot mas,Semangat!

  14. Terima kasih kembali bu umi hani, maaf kalau pertemuan kemarin saya belum bisa memberikan yang maksimal, maklum suara saya habis pas acara rampung. Syukur kalau ada tambahan ilmu, saya kemarin juga mendapat banyak ilmu dan informasi baru dari Kalsel, termasuk dari mbak-mbak dan mas-mas serta bapak ibu peserta yang lain. Masih banyak yang harus kita benahi bersama untuk puskesmas…🙂

  15. Top Banget blog -nya… Jo, boleh juga nih bakat nuisnya… klo ketemu ajarin ya caranya…. jd malu liat blog ku… secara.. so far isinya cm jd tempat copy-paste aja…. hahahaa…

    Sukses ya Pak…!!

    makasih bu Fifi..ini juga lagi belajar.. yang penting nekat nulis hehe.

  16. Nah… betapa kesalnya mendengar PEMBAJAKAN di kalimantan… mau nanam apa ya…mesti membajak…kalo bukan DOSA.
    Semoga yang melakukan itu tidak dikenal saja. Kalo sempat orang dikenal….waduh… rasa dikhianati.
    Sampeyan gimana rasanya , Mas.. ??
    Salam

  17. dulu sebal pak, sekarang saya belajar untuk positif thingking.. beliau-beliau meniru simpus saya pasti karena satu sebab hehe.. nah anggaplah karena cocok dengan simpus jojok.

    besok saya upload tulisan saya tentang itu pak, masih di edit biar enak.

  18. Aslm, pak joe….maaf ini jelas coment yang melenceng dari simpus….karena aku bener2 gak tau ttg dunia simpus taunya dunia jait n batik aja…, sukses buat pak joe ya….maju terus…n moga cepat dapet jodoh….
    wah fotonya ada miripnya lho ma afgan…..hehe…afgan versi gemuk…hihihi…kacamatA dah sama kan….hehe….
    pak joe nunut iklan yo…..jazakumullah khairan katsiron.

    Alamat USAHA kami: JL KADIPATEN KIDUL 63 JOGJA
    TELP; 0274-414185 / 387339
    HP:081802702616

    GRIYA HARUMI MODISTE DAN BATIK JOGJA…..
    MENERIMA PESANAN BATIK TULIS,CAP ATAU PRINTING DGN WARNA,DESAIN DAN JENIS KAIN SESUAI PEMESAN, DAN MODISTE HARUMI MENERIMA JASA JAHIT DENGAN KUALITAS PRIMA.

    SUMBER MAS GARMENT
    MENERIMA JASA JAHIT,SABLON DAN BORDIR…UNTUK KAOS,HEM SERAGAM,TRAINING,TOPI,TAS SEMINAR…DLL.
    tersedia jahit rantai………jahitan murah berkualitas…
    berpengalaman jahit kaos dagadu asli dan dari intansi2.

    maturnuwun pak joe…..

    SUMBER MAS GARMENT

    terima kasih kembali bu Ummi Raffa, semoga usahanya bertambah maju, jangan lupa besok kado baju batiknya, sprei, sarung bantal, bed cover, dan kaos-kaos untuk saya disiapkan kalau dah ada undangan hehe ….

  19. Sebelumnya salam kenal dulu utk bung Jojok, makasih atas cerita pengalamannya ttg simpus, saya bisa ikut belajar dari pengalaman anda. Blognya saya link ke blog saya ya, kebetulan saya sdg belajar ngeblog n utak-atik simpus juga, boleh dong belajar dng bung Jojok juga. Makasih selamat tahun baru 2009.

    Salam kenal dan selamat tahun baru juga untuk Pak Eko.. blog ini cuma sekedar cerita saja pak, sapa tahu bisa sama-sama belajar. Pak Eko dari mana ? Kapan-kapan saya juga pingin bisa belajar Simpus ke bapak..

  20. Salam Kenal Pak Jojok.
    Dari team tebar software,
    Terimas kasih kunjungan dan sharingnya.

    Younan setya team

    sama-sama Mas Yunan.. Salut untuk team tebar software nya..

  21. Makasih telah dikomentari, iya kmrn lupa kash almt asal. Saya posisi di dinkes kab sintang kalbar pak Jojok, brgkali berkenan jalan2 ke sintang kula suwun kersa mampir ngunjuk kopi ten dinkes sintang nggih, tenan lho. Kbtln saya asal kab grobogan yg msh terdampar di sintang jd ya msh bisa ngomong jawa. Mengenai simpus krn keterbatasan ilmu kami jadi ya msh agak berat perjuangannya. Mhn suport & suwuk semburnya ya pak mudah2an di sintang lancar he he

  22. Terima kasih Pak Eko di Sintang. Wah bermimpi rasanya kalau saya bisa jalan-jalan ke sana, harus semedi dan bertapa dulu beberapa bulan sambil menunggu panggilan hehe.. Grobogan dari daerah mana pak ? Saat ini saya dan teman-teman sedang pendampingan Simpus di seluruh puskesmas Grobogan.
    Kalau Kalbar, saya pernah ke Kalbar tapi ke Kab. Ketapang, beberapa tahun yang lalu. Sayang saya kehilangan jejak dengan staf disana untuk memberikan update Simpus.
    Gimana Simpus Sintang ? saya yakin pasti bisa berjalan dengan lancar, yang penting semua berawal dari komitmen kita kok… Monggo sami-sami nguri-uri Simpus pak..

  23. Tiap hari saya manggil pak Jojok tapi dlm hati he he. Berarti bulan suro ini lagi bertapa ya? Saya dari Kradenan, pasti pak Jojok dah pernah singgah di pusk Kradenan II. Sintang baru 2 pusk di kota yg menggunakan simpus data individu, kita ttp berusaha nantinya bisa semua puskesmas, yg agak sulit memang membangun komitmen peduli data. Saya tunggu ni hasil semedi dan bertapanya he he

    wah saya datang ke sintang juga dari hati kok pak hehe… Kradenan II memang saya habis mampir, sayang kiriman sumbangan komputer dari putra daerah yang berdomisili di kalimantan tengah (kalau tidak salah kabupaten Sintang hihi…) belum sampai, jadi Simpus belum bisa dijalankan hehe..
    Bapak tulis pengalaman pengembangan SImpus di Sintang di blog, untuk sharing pengalaman saja…lebih sip lagi dilengkapi contoh-contoh tampilan, nanti saya link blog nya dinkes Sintang…

  24. Pak Boss, Simkes mau mengundang seminar tanggal 14 Februari. Moga2 bersedia meluangkan waktu….Nanti ada mas Erwin (purworejo), pak Pudjo (Ngawi), bu Rina (Wonosobo), pak Rahyo, Lutfan, prof Hari… Matur nuwun sakderengipun…

    Mudah-mudahan bisa bergabung.. rugi gak ketemu icon-icon SIK Indonesia hehe…

  25. wah header bannernya sekarang luar biasa. Ada gambar bikernya. gagah banget. kok ga ada nomer calegnya.? Hihihi

  26. kapan melu aku pakek linux mas.? ga usah masuk2in serial number atau keygen lagi lho hihihi

  27. No Caleg nanti menyusul, setelah model2 dadakan itu ngilang dari pinggir jalan hehe… Linux ?? sdh bisa kok kmrn dah di coba di Kota Magelang.. cuma aku yg belum belajar ae hehe.. itu bagian Albert dan team nya..

  28. aku mo ngomentarin pic.nya aja ya….
    ” Here he come…. indonesian renegade ” xixixixi…

  29. hehe..sengaja agak burem, biar keliatan gantengnya..kalau close up harus pake helm cakil :))

  30. Guanteng banget fotonya Mas….tapi berdiri fotonya koq di bawah pamplet PENDAFTRAN…. Disangka orang, Mas jojok mao ngedaftar jd Direkturnya SIMPUS….😀

    He….😀

    hehe… lha itu mau ndaftar ikut di blog😀

  31. Mas jojok, jalan2 ke blognya simkes ugm 2008 dong….
    http://simkesugm2008.wordpress.com/

    Sorry alo promosi.
    He….🙂

    tenang… saya sudah sering mampir kok… cuma memang gak komentar, maklum saya kan pendiam haha…

  32. tetangga mas,
    aku barukan…

    sama-sama manisrenggo toh…Barukan sebelah mana toh ?

  33. Apa kabar Bang Jojok?
    Apa kabar SIMPUS?
    kapan main-main ke Banjarbaru.
    Nomor Calegnya kok gak muncul?
    he he he ….
    salam

    • alo bung ahyar…
      kabar baik alhamdulillah.. Simpus masih terus jalan, ini juga masih sibuk keliling seperti biasa. Untuk acara Banjarbaru masih menunggu undangan hehe…

      Caleg ? ogah ah.. takut nanti masuk RSJ kalau gak kepilih…

  34. Salam kenal pak….

  35. Bang (eh… Bapak) Raharjo emang keren abis. Dengan aktifitas yg seabrek masih sempet mbuat blog juga sangat perhatian sama alam dan lingkungan. Klop deh, Ngurusi Manusia-mesin-lingkungan.

    weh… gak usah pake (eh… ) dah bener yang gak dikurung mas hehe…
    gak semua ngurus kok, cuma nyoba sedikit peduli saja. Kalau mesin blas blong, gak ngerti jeroannya, cuma tinggal pake saja…

  36. Pak, bisa minta password buat buka demo Simpus?Thanks ya….

    • silahkan langsung install..
      email nya keliru ya ? saya kirim email kok mbalik lagi.

      untuk data contoh, periode yang ada datanya adalah tahun 2007, kemudian
      setting tanggal di komputer harus dd-mm-yyyy

      dari Puskesmas mana Pak Denis ??

  37. Salam kenal Mas Jojok, Simpus di Puskesmas Selo top markotop, kami baru aja mulai dengan program Simpus, rumit juga yaa, mungkin karena baru belajar. Mau deh dikasih kiat2nya supaya bisa niru,nambah n nerapke kayak simpus puskesmas Selo

    • Makasih pak, Simpus Selo masih dalam bentuk yang paling sederhana pak, belum sampai yang terintegrasi. Simpus gak rumit kok, asal ada yang entry, selesai🙂.
      Simpus make IHIS atau pihak mana pak di Pajangan ?

  38. apa kbr mas jojo?..
    kpn ke bali?di Petang I Simpus lg ga jln ne..gedung lg direhab total.

    • Kabar baik bli…
      waduh lagi rehab total ya ? pakai saja lembar registrasi, asal pencatatan jalan,Simpus gak perlu macet kok, yang penting di entry saja..🙂
      belum ada rencana ke Bali, harusnya Juli kemarin tapi takut ada virus H5N1 hehe…mudah2an dalam waktu dekat kami team Simpus bisa brkt ke Bali…
      Salam untuk semua teman di Badung..

  39. Salam anget….. dari WONOGIRI
    Om… eh sorry MAS JOJOK…
    Mohon ijin buat masang upgrade simpus wonogiri di webnya puskesmas baturetno 1, boleh gak neee. apa mesti bayar ROYALTY….
    Umpamanya gratis gmana? Mohon segera kasih kabar ya BOS. masalahe ada temen yang upgradenya rusak gr-gr virus.
    TQ atas jawabannya….
    see…uuuuuu

    • alo omm…
      untuk upgrade sebaiknya jangan dipasang di blog, mungkin bs di kirim lewat email saja. Upgrade untuk tiap kabupaten kebetulan banyak yang berbeda-beda. Ke depan semua upgrade memang mau saya pasang di blog ini langsung, hanya saja ada password sebelum membuka nya..

      tetep gratis kok, tapi jangan di pasang di blog hehe…

      begitu…

  40. Mas Jo apa kabar ?
    kok tdk jadi ( eh.. ditunda ) team SIMPUS ke Buleleng, kami udah siap transport dlm kab. hehe pakai Pusling

    Bravo SIMPUS

    • Kabar baik pak Made…
      waduh maaf sekali pak kalau saya menunda dengan sangat terpaksa acara team Simpus ke Buleleng. Kebetulan mau ngabari bapak, nomernya ilang, HP saya baru ilang jadi terpaksa nunggu ada yg kontak dulu hehe…

      tapi tetap kita akan ke Buleleng kok, Dinas Kesehatan sudah di kontak belum ? sudah ada lampu hijau kalau saya jalan2 ke Buleleng ? mudah2an secepatnya habis lebaran kami bisa ke sana…

  41. Met berkarya mengembangkan SIMPUS.
    Moga sukses, Mas

  42. Mas Jo, salam kenal dari kami. Sebagai masukan, sebagian besar Puskesmas yang ada di kab.banjar saat ini masih belum menjalankan SIMPUS dikarenakan kendala komunisasi dan biaya operasional.Padahal jika dijalankan saya yakin akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Puskesmas itu sendiri. Tolong saran dan masukannya

    • Salam kenal pak/bu…
      ya… memang butuh waktu untuk memulai satu proses yang baru. yang paling penting untuk sekarang ditumbuhkan di Kabupaten Banjar adalah semangat, komitmen, serta kemauan untuk menjalankan Simpus. Kenali semua kendala, benahi semua kendala, dan segera jalankan Simpus. Hanya dengan satu komputer/puskesmas, satu operator, komitmen bersama semua staf puskesmas… Simpus sudah bisa berjalan..🙂

      Tunda dulu lah pengadaan operasional yang besar, dimulai dari pembenahan di semua puskesmas terlebih dahulu, ke depan pasti bisa lebih maju lagi. Benahi semua data dasar, sistem pencatatan, kelengkapan register pasien, kesepakatan semua staf baik dari puskesmas atau pun dinas kesehatan, itu yang lebih dibutuhkan di awal implementasi Simpus.

      Pelajaran yang ditemukan hari ini di Kintap, saya kira kondisi yang sama juga kita temukan di sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan, toh mereka bisa menjalankan..

      Tetap semangat … !!

  43. Mas Jojok, saya dr Franky dari Ritan Kutai Kartanegara. Sy pny masalah,mengenai program simpusnya. Sy ada back up data tahunan (thn 2007).Kemudian sy mau mengembalikan data itu kembali supaya bisa dilihat lg, kok ngga mau ya?Jd sy ngga bisa lg lihat data thn 2007. Tp back up annya msh ada.
    Trus ada saran di tampilan awal input ata supaya dibuatkan kolom Berat Badan dan Tinggi Badan secara default.Soalnya berguna bg program gizi spy kita bisa melihat nai-turunnya BB Balita per bulannya. Thanx

    • Sementara back up nya disimpan pak, nanti saya coba cek untuk upload data tahunan.. harusnya gampang kok..

      Untuk input data awal input, terutama penmbangan, nanti akan kita masukkan dalam modul KIA secara khusus..

      doakan pak mudah2an dalam waktu dekat saya bisa ke Kukar lagi..

      terima kasih…

  44. Boleh tanya alamat emailnya kah…

    dari klien yang pada tanggal 31 march 2010 (di Hotel Serayu).

    nggak kenal maka tak sayang.

  45. mas kenal dengan desa gedebeg kecamatan ngawen kabupaten blora…minta tolong mas

  46. Wah Kakang ku iki makin manis wae menulis dan promosi .. ra rugi sering baca-baca akhirnya makin lancar menulis….sukses selalu.. salam.

  47. mas jojok ulun (baca : saya) dari staf puskesmas di Kabupaten Tanah Laut Prop KalSel, ulun masih gatek nih…mau tanya seperti apa mau upgrade Simpus? makasih atas infonya…

    • salam kenal pak Isur..
      untuk upgrade Simpus silahkan download saja di box.net itu, cuma maaf saya kok masih lupa passwordnya hehe.. saya usahakan kirim lagi untuk upgrade terbaru…

  48. salam kenal Pak Jojok…..Saya Cicik dari Dinkes Kab. Ponorogo yang juga sangat interest tentang pengembangan SIMPUS, tapi sayang kurang keahlian….so semoga dengan banyak teman yang hobi SIMPUS bisa menambah ilmu dan wawasan amien…..

    • Salam kenal bu Cicik.. (atau pak ?? ). Senang bisa tambah kenalan yang interest dengan Simpus. Kebetulan saya sudah agak lama kenal dengan bu Siti, kapus Jenangan, kadang2 ngobrol via YM.. Ada rencana sih main ke Ponorogo cuma belum ketemu waktunya, Insya Allah kalau ada kesempatan saya mampir Dinas Kesehatan.

  49. mas jojok bagaimana sya dapat sofware nya ya mohon info

  50. Pak, salam kenal, saya Made Arimbawa salah satu pengembang SIMRS di Bandung, kebetulan pas acara FIKI di yogya kmrn sempet saya denger2 ttg SIMPUS JOJOK😀 ternyata ini to wujudnya😀

    Semoga bisa sharing2 pengetahuan pak, karena selama ini saya mengembangkan SIMRS, jadi belon ada pengalaman di SIMPUS.

    Semoga bisa bekerja sama pak,

    Salam Hangat
    Made

    madecerik@yahoo.com
    http://madecerik.blodetik.com
    http://jasamedika.co.id

    • Salam kenal pak Made..
      hehe..beginilah wujudnya pak, so simple.. lain sama SIMRS yang saya yakin pasti jauh lebih kompleks. Saya malah pingin belajar juga mengembangkan SIMRS, saat ini baru mulai mengerjakan untuk sedikit rumah sakit, belum bisa fokus karena masih mengutamakan Simpus.

      mudah2an ke depan bisa lebih sering kontak2 lagi..

      Jojok

  51. Salam kenal Pak Jojok,

    Saya Agusni saat ini bertugas di LOGICA, Tugas kami saat ini medamapingi 6 puskesmas di Aceh Tengah dalam meningkatkan pelayanan publik.
    Mau tanya mengenai SIMPUS kira kira berpa ya biaya nya untuk pemasangan SIMPUS di puskesmas

  52. slam knal pa jojo
    saya mw bertya. saya bru instal asimpus dserver 2003 r2. tv saya jalanin dclient muncul ” visual basic
    run time orror 3027
    cannot update. database or object is read only”
    tolong pencerahan nya yaah pa

    • Salam kenal Mas Prima,

      wah mohon maaf, saya sendiri belum pernah instal Simpus di Server. Basicnya memang untuk XP atau Win 7 32 bit.
      coba di install di dua sistem operasi itu, mudah2an bisa terinstall dengan baik.

  53. mas ibu bidan khusniyatul wahidah di salaman 11 sudah ikut simtus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: