Puskesmas Kota Mungkid, nyelempit…

Sabtu minggu kemarin, 24 Januari 2009, salah satu kegiatan selain pengenalan Simpus Online di Kota Magelang, adalah mengunjungi Puskesmas Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Acaranya seperti biasa adalah pelatihan untuk bu bidan di puskesmas, untuk mulai mengenal dan menggunakan Simpus KIA dalam pengelolaan data KIA.

Puskesmas Mungkid, terletak di dekat Candi Borobudur dan Candi Mendut, dengan wilayah kerja yang cukup unik. Mungkin inilah satu-satunya puskesmas yang mempunyai wilayah kerja di dua kecamatan yang berbeda. Puskesmas sendiri berlokasi di wilayah kecamatan Mertoyudan, sementara wilayah kerjanya adalah 2 desa dari Kecamatan Mungkid, yaitu desa Mendut dan Sawitan, serta dua desa dari Kecamatan Mertoyudan sendiri yaitu Deyangan dan Pasuruhan. Entah apa dulu pertimbangan dari yang berwenang menentukan wilayah kerja puskesmas ini, sehingga Puskesmas bisa menginvasi Kecamatan Mungkid. Paling tidak Puskesmas Kota Mungkid mungkin satu-satunya puskesmas yang bisa ikut rapat dengan dua pak camat sekaligusπŸ™‚

Untuk mencari puskesmas ini, mungkin dulu agak sedikit sulit karena letaknya yang nyelempit (maaf tidak tahu bahasa Indonesia yang baik dan benar dari kata nyelempit… mohon bantuannya). Saya pernah bolak-balik di jalan besar depan gang masuk ke puskesmas ketika pertama kali mulai menjalankan Simpus di Kabupaten Magelang. Yang jelas bapak atau ibu atau saudara yang baru pertama kali kesana harus rajin-rajin bertanya.

Sebagai salah satu puskesmas di Kabupaten Magelang, Simpus sudah lama berjalan di puskesmas ini, dengan hanya menggunakan format satu komputer di loket untuk Simpustu, serta satu komputer utama untuk Simpus. Rencana untuk membangun jaringan belum berjalan, meskipun tahun ini puskesmas Kota Mungkid termasuk puskesmas yang mendapat menara untuk jaringan wifi antar puskesmas-dinas.

Beberapa foto dari Puskesmas Mungkid.

Puskesmas Kota Mungkid tampak depan.

Puskesmas Kota Mungkid tampak depan.

Suasana puskesmas ketika siang hari. Sehari-hari sebenarnya puskesmas ini cukup ramai.

Menunggu...mbok ya sambil mbaca-mbaca mBah ...

Menunggu...mbok ya sambil mbaca-mbaca mBah ... menambah informasi

Di ruang tunggu, disediakan bacaan untuk mengisi waktu. Beberapa majalah dan surat kabar sudah tersedia, meskipun jangan kaget kalau beritanya sudah beberapa minggu yang lalu…πŸ™‚

Loket pendaftaran, biar sempit tapi sudah ada komputernya.

Loket pendaftaran, biar sempit tapi sudah ada komputernya.

Loket Pendaftaran memang lumayan sempit. Meskipun demikian pelayanan sudah menggunakan komputer. Untuk mengupload data, digunakan kabel LAN. Komputer utama terletak di lantai 2 gedung puskesmas.

Genset...sudah tersedia.

Genset...sudah tersedia.

Listrik mati bukan halangan. Genset sudah tersedia. Siap untuk Simpus Online yang mengharuskan listrik terus menerus selama pelayanan ke pasien. Kalau tidak salah, hampir semua puskesmas di Kabupaten memiliki genset.

Mbak Retno, pengelola Simpus

Mbak Retno, pengelola Simpus

Mbak Retno, beliau adalah pengelola Simpus di Puskesmas Kota Mungkid. Tugas beliau terbaru adalah mendampingi bu Bidan untuk mulai menjalankan Simpus KIA tahap pertama.

17 Tanggapan

  1. Waduh, apaan mas arti nyelempit???? Saya juga gak tahu….Nyelempit….Nyelempit….Nyelempit….πŸ˜€

    Nyelempit mksudnya = Letaknya yang jauh dan terpencil sehingga susah untuk dijangkau….πŸ˜€

    Kira2 bener gk???? Tau ah, gelap….πŸ˜€

  2. hehe… sepertinya belum tepat tuh mas.. nyelempit gak harus jauh dan terpencil. Dekat tapi bisa terselip di tempat yang tidak gampang dijangkau… tp bisa juga gampang dijangkau.

  3. Senengane kok yang nylempit2.. :P~~

    Yang ngajari kan situ :p

  4. kira-kira terselip tapi kurang tepat karena merupakan suatu wilayah ato boleh juga terisolasi ato terbelakang he..he… he… maaf juga jika tidak nyambung

  5. nyambung kok. ada terselip nya hehe..πŸ˜€

  6. mas jo, kira-kira kapan ada jadual ke Sukoharjo

  7. rabu kemarin saya ke tawangsari mas..gimana ? ada rencana bedol data puskesmas ? hehe.. saya dah ngobrol sama petugas tawangsari, besok saya ke dinkes secepatnya..

  8. Mbok yao yg motret si simbah’e mbeliin teh manis….. sapa tau bisa dapet putu’ne…..xixixixi…..

    hehe.. ponakanku itu yang motret fie.. lha kalau putu ne simbah cowo trs gimana ? :p

  9. Mas Jojok, piye iki arti ne Bedol Data….Maaf, aku ora iso bahasa Jowo karena masih beradaptasi di Jogja baru beberapa bulan, jadi blm abis mengahafal vocabulary dan tensesnya….He….πŸ˜€

    BEDOL artinya BEDAH????

    Maaf, kalau salah….He….πŸ˜€

  10. Bedol itu kurang lebih artinya Cabut pak.. dulu waktu pembuatan waduk Gajah Mungkur, ada istilah Bedol Desa, artinya satu desa semua dicabut/dipindah ke lahan transmigrasi secara total. Dibedol=Dicabut…
    kalau Bedah(jawa), dalam bahasa jawa kurang lebih hampir sama dengan Jebol …

    bendungan jebol (indonesia)=bendungan bedah(jawa)

    mungkin ada lagi yang bisa kasih terjemahan yang pas ?? ini tadi saya sampai konsultasi sama orang tua hehe…

    belum tahu kalau dokter Spesialis Bedah, apa arti nya dalam bahasa jawa dokter Spesialis Jebol hahaha… yang jelas pasti ahli njebol-jebol tubuh pasien…

  11. hahaaa….yang nyelempit itu biasanya apa yah selain Puskesmas… Tolonggg… pikiran lagi nyelempit. hehhe

  12. apa ya pak.. duit itu lho pak yang juga sering nyelempit hehe..

  13. Ouw…emg jojok sengaja tuh pasang kata nyelempit..

  14. iya bu memang sengaja :p biasanya orang kan seneng yang nyelempit-nyelempit gitu..

  15. nyelempit miriiiiip bahasa iklan jamu ….gendong.

    salah pak, yang biasa nyelempit itu pak polisi, kalau ada yang melanggar peraturan lalu lintas, langsung beliau menyelempit dengan peluit haha.. wasit juga seneng nyelempit kalau bola keluar lapangan…

  16. halo pa kabarnya ketahuan ya ini aris 081357358992

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: